Berbagi Hal Baik di Gugus Tasinara Kecamatan Malunda




Berbagi tidak akan mengurangi ilmu kita tetapi dengan berbagi ilmu kita akan semakin berkah


Hari ini Kamis tanggal 15 Oktober 2020 saya kembali melanjutkan langkahku untuk melakukan sosialisasi berikutnya tentang pemanfaatan portal rumah belajar untuk pembelajaran dan peningkatan kompetensi guru di era 4.0.Saya melaksanakan kegiatan sosialisasi di Gugus Tasinara Kecamatan Malunda Kabupaten Majene. Gugus Tasinara adalah gugus 1 di wilayah 1 Kecamatan Malunda yang menjadi target saya untuk melaksanakan kegiatan berbagi ilmu, tujuan saya hanya ingin di bumi tempat saya dibesarkan, semua bisa merasakan manfaat Portal Rumah Belajar ini seperti manfaat yang telah saya rasakan setelah menggunakan Portal Rumah Belajar ini.


Sosialisasi yang saya lakukan mendapat sambutan baik dari semua peserta yang hadir. Peserta yang hadil terdiri dari 10 sekolah dimana setiap sekolah mengutus 6 guru kelas yaitu guru kelas 1- VI dan guru mapel baik guru PAI maupun guru PJOK. Total peserta yang hadir adalah 76 orang peserta. Semua partisipasi dari guru-guru tidak lepas dari kerjasama yang baik antar kepala sekolah yang tergabung di dalam Gugus Tasinara. Tentunya ketua guguslah yang mempunyai peran terbesar atas terlaksananya kegiatan ini, yang telah memberikan ruang dan waktu kepada saya untuk melaksanakan kegiatan saya. Tanpa instruksi dari beliau maka para kepala sekolah tidak akan mengutus guru-guru mereka untuk mengikuti kegiatan saya



Materi yang saya sampaikan adalah pemanfaatan Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran dan peningkatan kompetensi guru di era 4.0. Saya memulainya dengan memaparkan fitur-fitur dari Rumah Belajar. Rumah Belajar terdiri dari 4 fitur utama dan 6 fitur pendukung. Kemudian saya memaparkan bagaimana pemanfatannya dalam kegiatan pembelajaran. 

Selanjutnya hal yang terakhir saya sampaikan adalah Fitur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dimana fitur ini akan membawa kita kelaman SimpaTIK. SimpaTIK adalah Sistem Manajemen Pelatihan Berbasis TIK yang berisi berbagai macam pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru khususnya dibidang TIK. Dan yang paling populer di SimpaTIK ini adalah PembaTIK yaitu Pembelajaran Berbasis TIK. 

Hal terakhir yang kami lakukan adalah membuat akun Rumah Belajar dan SimpaTIK untuk semua guru yang hadir. Alhamdulillah kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar, dan semoga apa yang kami lakukan hari ini bermanfaat untuk semua guru yang hadir dan untuk anak didik kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar