Kisah ku tentang pembatik



Awal kenal pembatik di tahun 2019. Saat itu pula saya langsung mendaftar dan membuat akun di SimpaTIK. Saat itu saya langsung mendaftar sebagai peserta pembatik level 1 atau level literasi. Pada saat itu tujuan awal saya sebenarnya hanya untuk mendapatkan sertifikat yang bernilai 32 jam untuk kelengkapan berkas kenaikan pangkat. tetapi seiring berjalannya waktu, semakin lama saya  ikut program ini, ternyata banyak ilmu dan manfaat yang saya dapatkan dengan ikut kegiatan ini.

Saya mempelajari modul  mulai dari modul 1 sampai modul 4. Saat itu saya hampir lupa mengikuti ujian akhir level 1 berhubung karena pada saat itu juga saya sedang mengikuti Diklat PPG 2019. untunglah saya diingatkan oleh pengingat yang ada di Smartphone saya. Itu adalah hari terakhir untuk jadwal tes Level 1 Literasi PembaTIK 2019. 

Setelah mengikuti ujian tersebut saya sudah tidak pernah lagi membuka akun SimpaTIK saya,sampai tibalah saatnya pengumuman kelulusan peserta PembaTIK Level 1 Literasi di grup WhatsApp PembaTIK Sulawesi Barat. Saya membuka pengumuman kelulusan tersebut dan alhamdulillah nama saya lulus dalam kegiatan PembaTIK level 1 Literasi tersebut. 

Saat itu saya sangat ingin melanjutkan ke level ke-2 tetapi saya mengurungkan niat saya karena saya memilih fokus  menyelesaikan tugas-tugas PPG 2019 saat itu saya sangat ingin ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut tetapi apa daya kegiatan PPG 2019 yang saya ikuti saat itu adalah prioritas utama saya. Dan Alhamdulillah  saya pun lulus dalam kegiatan PPG 2019.

Di tahun 2020, ketika saya melihat pendaftaran untuk peserta PembaTIK 2020 sayapun terpanggil kembali untuk ikut meramaikan kegiatan tersebut awalnya saya kira saya harus memulai lagi dari nol yaitu dari level pertama, ternyata tidak. Peserta Pembatik yang lulus level pertama Literasi 2019 bisa langsung mengikuti PembaTIK level  2 2020 yaitu Implementasi dan saya mendaftar pada gelombang 3.

Kegiatan pembatik di level ini semakin menambah kecintaan saya terhadap kegiatan ini saya yang awalnya hanya menginginkan sertifikat kini tak menghiraukan lagi adanya sertifikat itu dapat tidaknya sertifikat tidak lagi menjadi masalah yang penting saya mendapatkan ilmu dari kegiatan ini. 

Di Level 2 PembaTIK 2020 ini kami mengimplementasikan ilmu yang kami dapat dalam sebuah vlog best practis tentang kegiatan kami dimasa Pandemi Covid 19. Dan Alhamdulillah saya kembali dinyatakan lulus dalam kegiatan ini. 

Saya melanjutkan kegiatan PembaTIK saya dengan mendaftar kegiatan PembaTIK Level 3 yaitu Kreasi pada gelombang 1. Di level ini semakin banyak ilmu yang saya dapatkan dari kegiatan ini. Di level ini kita dituntut untuk berkreasi dengan membuat Video Pembelajaran atau Media Pembelajaran Interaktif, tetapi saya memilih membuat Video Pembelajaran. Dan Alhamdulillah kembali dinyatakan lulus. 

Untuk PembaTIK Level 4, kami tidak lagi mendaftar tetapi bagi yang memenuhi syarat langsung didaftarkan dan Alhamdulillah saat itu saya mendapatkan panggilan via telepon dari Duta Rumah Belajar 2018 Muhammad Ilham dan memberikan kabar bahwa saya masuk 30 peserta PembaTIK Level 4 2020 Level Berbagi. 

Beberapa hari kemudian 30 peserta PembaTIK Level 4 2020 disatukan dalam group WhatsApp agar kami bisa mendapatkan informasi yang lebih lanjut tentang kegiatan ini.  

Pada tanggal 18 September 2020 Pembukaan kegiatan PembaTIK Level 4 dimulai dan di buka langsung oleh bapak Menteri Pendidikan Nadiem Makarim. Kuliah umum berlangsung selama 4  hari dengan para Nara Sumber yang luar biasa. Kemudian dilanjutkan dengan coaching bersama dengan mentor mentor yang luar biasa pula.

Dari kuliah umum hingga coaching, saya mendapatkan ilmu yang luar biasa. Saya sadar semakin saya belajar semakin banyak yang ingin saya pelajari, semakin banyak yang saya tahu, semakin banyak pula hal yang tidak saya tahu. 

Saya mendapatkan banyak ilmu dan manfaat dari kegiatan ini dan karena itu saya ingin berbagi kepada semua guru. Terkhusus saya ingin semua guru di Kabupaten Majene bisa merasakan manfaat sama seperti apa yang saya dapatkan dari kegiatan ini bahkan lebih dari apa yang telah saya dapatkan.

Tetapi keinginan terbesarnya saya, saya ingin semua siswa di Tanah Mandar bisa merasakan nikmatnya belajar dengan Portal Rumah Belajar. Inilah yang menjadi Motivasi saya dalam mengikuti kegiatan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar